Kembalikan Kawan Kami

Laut Bercerita
Karya Leila S. Chudori

lautberceritaTerbit Oktober 2017 oleh Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia| ISBN: 9786024246945| Binding: Softcover | Halaman: 389

Laut Bercerita bertutur tentang kisah keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada, sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur.

NOVEL ini menyulitkan saya untuk menjaga jarak. Novel ini menyusahkan saya untuk bersikap sebagai pembaca yang tidak tahu apa-apa, yang sabar menikmati kata demi kata yang dituliskan dengan dinamis oleh penulis, yang diam menunggu akhir cerita. Novel ini terlalu personal sehingga apapun yang ada di dalamnya, tokoh, cerita, sejarah, memaksa saya kembali ke tahun-tahun yang dirunutkan oleh penulis. Pengalaman ini agak berbeda, saat saya membaca novel Pulang yang ditulis oleh penulis ini sebelumnya, mungkin karena jagat peristiwanya terlalu berjarak, meskipun saya mengetahui eksil-eksil yang dituliskan dalam cerita, namun ia tidak menyusahkan saya. Namun yang ini, jujur saya tidak bisa memberi penilaian yang objektif.

Saya membaca novel ini dengan menangis. Dengan dendam dan amarah, serta keinginan untuk berteriak “Segera kembalikan kawan kami!” atau setidaknya untuk berdiri diam di bawah payung hitam di Aksi Kamisan di depan Istana Negara setiap hari Kamis.

Emosi saya diaduk-aduk dan untuk kali pertama saya menemukan refleksi diri yang dalam seusai membaca novel: Indonesia pernah berlaku demikian kepada kawan kami. Sampai hari ini, nasib kawan kami tidak kunjung jelas dan betapa rapuhnya demokrasi yang kini kami nikmati bila satu waktu nanti militerisme kembali lagi.

Dengan sangat subjektif, saya nilai penulis berhasil mencapai tujuannya, sekalipun ada persoalan estetika penulisan dan sejumlah salah ketik yang ingin saya keluhkan. Penulis menunjukkan standar emas dalam penulisan novel historis dengan kedalaman tokoh yang tersaji, riset sejarah yang dijalankan secara baik, dan kepiawaian dalam bercerita.

Rating: 5/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s