Perjumpaan dengan Daeng Khrisna Pabhicara dan Sepatunya

Mencuatnya berita akan ditutupnya PDS HB Jassin mengagetkan saya. Pertama-tama karena saya kenal sejumlah orang di sana, salah satunya Ibu Ariany sewaktu mengurus kampanye untuk sastrawan Nh. Dini. Tetapi juga beberapa menyambangi ke PDS HB Jassin tak pernah terbersit tempat itu akan ditutup lantaran kekurangan biaya. Tapi itulah yang terjadi tahun lalu.

Beruntung masyarakat Indonesia bisa gotong royong menyuarakan persoalan ini sehingga gempar. Gubernur Jakarta Fauzi Bowo digoyang dengan isu tidak peduli sastra dan akhirnya PDS HB Jassin mendapat dana yang dibutuhkan untuk bertahan.

Saya ingin cerita bahwa saya bertemu Khrisna Pabhicara tempo hari lalu di tempat berkumpulnya sastrawan tak jauh dari kantor. Sejak semula, saya takzim padanya. Karena bisa disebut, selamatnya PDS HB Jassin adalah karena daya upayanya. Dan memang tak salah, sudah sepantasnya ia dimuliakan dan dihormati karena bersamanya saya mengupayakan gerakan lain untuk membantu Pak Raden.

Siapa menduga, saya dan Daeng ini memiliki kesamaan ikatan pada seseorang. Maksudnya orang yang menjadi sumber inspirasi novel terbarunya tentang sepatu. Orang yang sama yang diceritakan lewat sepatu yang diidamkannya adalah orang yang dulu telah menyelamatkan nyawa kakak perempuan saya dari kanker. Ia membiayai keberangkatan ke Guangzou dan pengobatan kakak perempuan saya sampai sembuh, padahal tidak ada ikatan apapun selain kemanusiaan.

Senang rasanya mendengar kabar novel terbaru tentang sepatu ini laris hingga naik cetak kedua dalam tempo kurang dari seminggu peluncuran. Saya katakan pada Daeng, novelnya bisa jadi mega best seller. Tapi tentu saja, itu bukan yang utama.

Buat saya yang utama adalah perjumpaan itu. Di bawah langit yang tak biru. Berjumpa dan berjabat tangan dengan orang yang pantas ditakzimi oleh siapapun.

Tinggalkan Balasan

