Hellboy menolak takluk pada takdir

Hellboy: Seed Of Destruction (Benih Kehancuran)
Karya Mike Mignola, John Byrne

Terbit 2010 oleh m&c! | 9789792339581 | ISBN: Binding: Paperback | Halaman: 128 pages
Penerjemah: Yanyan Mulyana

DIBANGKITKAN oleh Sergei Rasputin, dengan bantuan Nazi, tapi akhirnya dibesarkan oleh pihak Amerika hingga menjadi detektif supranatural. Dialah Hellboy! (pada foto ada di bagian tengah).

Barangkali hanya Hellboy yang tak keberatan dipanggil “anak setan”… hehehe… karena memang begitulah ceritanya. Ia mewakili gambaran orang Barat akan setan: merah, berbuntut, bertanduk. Yang agak lain dari gambaran orang Barat adalah badannya yang seperti gorila dan tangan kanannya yang lebih besar dari tangan kiri dan terbuat dari batu. Satu lagi gambaran yang makin menjauh adalah hobinya merokok cerutu. Sangat menarik untuk tahu proses drawing Mike Mignola dari awal hingga menjadi wujud Hellboy seperti sekarang, di buku ini ada di bagian belakang setelah cerita “Seeds of Destruction”.

Mungkin orang akhirnya mengenal gambaran Hellboy yang mengikuti pemeran Hellboy di versi layar lebar besutan Guillermo del Toro: Ron Perlman.

Namun aku pribadi, sampai hari ini lebih suka Hellboy versi Mignola yang tidak terlalu mendetil, dengan goresan bayangan yang gelap, dan blok tinta merah-hitam yang pekat.

Novel grafis ini terbit pertama kali tahun 1994, bercerita tentang proses pemanggilan Hellboy yang salah tujuan sehingga terpisah dari sang pemanggil, Sergei Rasputin. Hellboy justru ditemukan oleh pasukan sekutu dan akhirnya dibesarkan oleh Profesor Trevor Bruttenholm, orang yang kemudian membentuk Bureau for Paranormal Research and Defense (BPRD). Sangat menarik mengetahui bahwa Hellboy yang bernama Anung Un Rama (sang iblis akhirat) kemudian tumbuh menjadi pribadi yang berseberangan dengan jati dirinya, bahkan kemudian ia menolak jati dirinya ketika diungkap oleh Sergei Rasputin. Ia bersikukuh menjadi pribadi yang “baik”, menentang kemunculan Oghru Jahad dan membinasakan kekuatan iblis di atas muka bumi.

Sungguh novel grafis Hellboy bagiku adalah sebuah epik yang sungguh memukau dan mengundang selera baca.

4/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s