Fantasi dari Mitologi China

Silver Phoenix
Karya Cindy Pon

Terbit Desember 2009 oleh Mahda Books | Binding: Paperback | ISBN: – | Halaman: 400

Alih bahasa: Maria Lubis

PERANKU dalam terbitnya novel ini adalah sebagai pembaca pertama versi terjemahan yang dikerjakan dengan cermat dan mengalir oleh Maria Lubis. Peran yang sangat menyenangkan ternyata, karena aku bisa turut berperan (meski kecil saja) untuk menghasilkan buku terjemahan yang apik.

Novel fantasi ini bercerita tentang Ai Ling yang memiliki kekuatan khusus (paranormal) di dalam dirinya harus menyelamatkan ayahnya yang ditahan di Istana Mimpi-Mimpi Harum, tetapi untuk itu ia harus menghadapi monster atau mahluk yang selama ini hanya pernah didengarnya dalam mitologi kuno China. Settingnya adalah negeri China kuno, jadi bertebaran macam-macam siluman, monster, sihir yang sering kita dengar dari cerita-cerita klasik China. Wow!

Menurut pengakuan Cindy Pon, novel ini berangkat dari ide liar yang mampir di kepalanya: 1. petualangan, 2. perkawinan yang telah diatur, 3. persahabatan. Ia menggabungkan dengan cerita-cerita yang umum ada di China, seperti siluman ular dan juga berkaitan dengan detil “kemben ikat” dan tatanan rambut yang berlaku di China kuno, yang menunjukkan status sosial seseorang.

Bila akhir cerita sepertinya menuntut jilid kedua, bisa jadi karena Cindy Pon memang membuka akhir cerita dengan interpretasi sendiri pembaca, semisal apakah Ai Ling dan Chen Yong akan berakhir bahagia di pelaminan kelak. Namun yang pasti, tanda-tanda ke arah jilid kedua aku pikir mungkin saja, malah kuduga Cindy Pon akan menuliskan prekuel yang mendahului cerita mengenai kisah cinta tak bahagia yang menjadi batang tubuh cerita fantasi ini.

Namun sesungguhnya yang menarik pada novel ini adalah pada narasi besarnya. Novel ini mempersoalkan takdir. Takdir telah menjadi salah satu dari perdebatan panjang dan hebat dalam kemanusiaan adalah mengenai peran takdir dalam hidup umat manusia.

Takdir membuat Ai Ling menjadi satu-satunya gadis berusia 17 tahun yang belum laku-laku, padahal berasal dari keluarga berada, sehingga mengundang bisik-bisik tetangga yang tak enak didengar. Perkawinan yang telah diatur oleh keluarganya pun hancur berantakan, gara-gara penilaian camer yang menilainya terlalu tinggi, meskipun pada akhirnya kehancuran itu bagian dari takdir yang bekerja untuk Ai Ling, sehingga membawanya berpetualang untuk menyelamatkan ayahnya.

Selalu menggelitik memang untuk memahami apa yang akan terjadi esok, lusa, minggu depan, tahun depan, atau seratus tahun ke depan! Apa yang menyebabkan perubahan takdir, dan mungkinkah mengubah takdir? Banyak orang mengatakan takdir itu tidak akan berubah, dan manusia tidak mampu menemukan perubahan. Kalaupun ada peran manusia dalam melakukan pilihan takdir, maka peran itu dinamakan usaha. Pertanyaan-pertanyaan ini yang menggelitik sebetulnya saat selesai membaca novel fantasi yang menarik ini.

4/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s