Kembalinya komik Eropa ke tangan pembaca

Lucky Luke: Tambang Emas Dick Digger
Karya Morris (Maurice De Bevere)

Terbit Agustus 2009 oleh Elex Media Komputindo/Level Comics | | Binding: Boardbook | ISBN: 9789792753066 | Halaman: 48
Judul asli: Lucky Luke 1: La Mine d’or de Dick Digger Dupuis

“Mulai tahun 2009 ini, komik-komik Eropa akan segera digelontorkan ke publik pembaca”.

SEMULA aku kira pernyataan ini hanya selentingan iseng saja. Semua juga tahu, terpaan komik Jepang begitu besar dan nyaris memadati semua toko buku. Hari gini, siapa yang mau membaca komik Eropa? Tapi ternyata berita ini benar.

Mulai Agustus 2009, selain komik-komik Eropa yang beken seperti Tintin, Asterix, aku pikir orang pasti ingat akan komik koboi yang satu ini, Lucky Luke, komik koboi yang di tahun 1980-an pernah diterbitkan oleh Indira.

Si koboi yang “menembak lebih cepat dari bayangannya” ciptaan komikus Belgia Morris alias Maurice De Bevere benar-benar hadir kembali dan tidak tanggung-tanggung akan keluar 24 nomer. Aku sudah baca nomer 1 berjudul “Tambang Emas Dick Digger” ini, yang aku tidak yakin pernah membaca versi Indira yang dimensinya sedikit lebih besar dari yang sekarang ini.

Cerita Lucky Luke ini muncul pertama kali sebagai sisipan di majalah “Le Journal de Spirou” dan Volume 1 pertama kali diterbitkan di Belgia pada tahun 1949. Ternyata banyak yang aku tidak ketahui tentang komik ini. Semisal, ternyata di nomer 1 berisi dua cerita, yang jelas berbeda dengan komik-komik Lucky Luke selanjutnya yang hanya berisi satu cerita saja.

Dalam nomer 1 ini, cerita yang pertama berjudul “Tambang Emas Dick Digger” tentang upaya Lucky Luke membantu Dick Digger mendapatkan kembali peta tambang emasnya, sedang yang kedua berjudul “Mirip Lucky Luke” tentang penjahat bernama Mad Jim yang mirip sekali dengan Lucky Luke dan membuat hidup Lucky Luke jadi serba salah.

Bagi penikmat Lucky Luke versi Indira, tentu akan kaget melihat lukisan Lucky Luke di nomer 1 ini. Lucky Luke nomer 1 ini karakternya bulat, mirip karakter komik Disney — yang ternyata memang disengaja oleh Morris– dan bertolak belakang dengan gambaran Lucky Luke di nomer berikutnya yang akan tampak tirus dan lancip.

Kekagetan lain yang hanya akan ditemui di Lucky Luke nomer 1 ini adalah hanya di nomer ini, Lucky Luke benar-benar berkelahi fisik dan membunuh musuhnya dengan menembakkan senjata. Aku pikir ini sesuatu yang asyik untuk dicermati, karena berdasar ingatan pada versi Indira, Lucky Luke memang hanyalah melumpuhkan musuh-musuhnya dengan kecepatan pistol yang dimilikinya. Oya, satu lagi yang menarik… Morris rupanya belum memiliki gimmick untuk mengakhiri cerita Lucky Luke dengan cara memperlihatkan Lucky Luke mengendarai Jolly Jumper kudanya berjalan menuju matahari terbenam sambil menyanyikan “I’m a poor lonesome cowboy, and a long way from home…” yang anehnya nyanyian ini memang tidak pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Berikut ini 24 nomer lengkap Lucky Luke
1. Tambang Emas Dick Digger (Dick Digger’s Gold Mine)
2. Dalton Bersaudara Amnesia (The Daltons’ Amnesia)
3. Rodeo
4. Berburu Hantu (Ghosthunt)
5. Arizona
6. Dalton Bersaudara ke Pernikahan (The Daltons at a Wedding)
7. Di Bawah Langit Barat (Under the Western Sky)
8. Jembatan Mississippi (Bridge Over The Mississippi)
9. Lucky Luke VS Pat Poker
10. Kid Lucky
11. Buronan (Outlaw)
12. Belle Starr
13. Ramuan Dokter Doxey (Dr Doxey’s Elixir)
14. Klondike
15. Phil Defer (Lucky Luke VS Phil Defer)
16. O.K. Corral
17. Waspada Si Kaki Biru (Beware of the Bluefoots)
18. Oklahoma Jim
19. Rel Melintasi Padang (Rails on the Prairie)
20. Marcel Dalton
21. Lucky Luke VS Joss Jamon
22. Sang Nabi (The Prophet)
23. Sepupu Dalton (The Dalton Cousins)
24. Pelukis (The Painter)

Lucky Luke: Dalton Bersaudara Amnesia
Karya Morris (Maurice De Bevere), Jean Léturgie, Xavier Fauche

Terbit 14 Agustus 2009 | Binding: Boardbook | ISBN: 9789792753073 | Halaman: 48
Judul asli: Lucky Luke 60: L’Amnesie des Dalton

MARI mengingat “Dalton Bersaudara: Joe, William, Jack dan Averell”! Makin tinggi, makin bodohlah dia, begitu rumusnya. Ah, benar-benar unik sekali karakter-karakter yang muncul di komik Lucky Luke nomer 2 ini.

Tentu saja selain diri si Lucky Luke, koboi yang mampu menembak lebih cepat dari bayangannya, yang kemana-mana selalu menaiki Jolly Jumper si “kuda terpintar di dunia” dan kadangkala ditemani oleh kehadiran Rantanplan si “anjing terbodoh di jagad semesta”, yang merupakan parodi Rin Tin Tin yang semakin melengkapi karakter Dalton Bersaudara ini.

Baiklah, kembali ke Dalton Bersaudara. Boleh jadi, ini hanya dugaan, Morris mengkonsepnya dari Gerombolan Siberat yang ada dalam komik Disney, sebagaimana konsep awal Lucky Luke yang mirip komik Disney. Tapi ini hanya dugaanku semata. Tak lupa karakter Ma Dalton pun mirip sekali dengan ibu Gerombolan Siberat.

Hanya saja di nomer kedua ini, kita tak lagi bisa melihat karakter Lucky Luke dan Jolly Jumper yang bulat-bulat seperti komik Disney, karena Morris sudah merampingkan dan membuat figur Lucky Luke lebih kurus daripada versi sebelumnya.

Di cerita kali ini, dapat ditebak kalau Lucky Luke harus berurusan dengan Dalton Bersaudara yang berupaya memperdaya semua orang untuk bisa kabur dari penjara dengan membuat diri mereka seolah-olah amnesia. Aku berpikir, apakah aku cukup mengerti amnesia saat pertamakali membaca komik nomer ini terbitan Indira.

Dari cerita ini, dari dulu aku selalu yakin sebenarnya Averell satu-satunya yang tidak jahat. Dia hanya bodoh saja dan diperdaya oleh kakak-kakaknya. 😀 Jadi moral ceritanya: orang bodoh tidak mungkin jahat. Hanya yang pintar saja yang bisa jadi penjahat.

5/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s