Mendengar Kakek Berkisah Tentang Buku

Dari Buku ke Buku: Sambung Menyambung Menjadi Satu
Karya P. Swantoro

Terbit Januari 2002 oleh Kepustakaan Populer Gramedia & Rumah Budaya TeMBI | Binding: Paperback | ISBN: 9799023688 (isbn13: 9789799023681) | Halaman: 435

AKU suka kakek seperti P. Swantoro ini. Bahkan kalau boleh, aku mau mengajukan diri menjadi cucunya biar terus didongengi kisah-kisah buku-buku yang pernah dia baca sambil berharap boleh melahap semua koleksinya yang dari angka tahun terbitnya saja sudah bikin ngilu karena begitu jadulnya, tetapi juga bikin ngilu karena tidak bisa membaca banyak buku lawasnya yang sudah pasti berbahasa Belanda.

Funky memang kakek yang berbekal kuliah jurusan Sejarah IKIP Sanata Dharma Yogya ini! Cara dia bertutur membuatku betah mendengarkan dongeng-dongeng yang dikisahkannya secara menarik. Kakek P. Swantoro memulainya dengan buku yang membuatnya kepincut pertama kali: punya bapaknya dulu, judulnya pun ia lupa, tapi ia ingat ada sejumlah lambang-lambang. Itu buku yang pertama kali dibacanya di tahun 1940-an. Setelah pengembaraan hidupnya, baru di umur 55 tepatnya tanggal 19 Maret 1994 ia ketemu lagi buku itu. Edan! Buku apa sih yang membuat kakek ini keblinger: ternyata buku yang berisi lambang-lambang kotapraja Hindia Belanda, terbitan tahun 1930. Judulnya: Geillustreerde Encyclopaedie van Nederlandsh-Indie alias “Ensiklopedi Ilustrasi Hindia Belanda”. Dengan caranya sendiri, ia ringkaskan isi buku itu buat cucu-cucu, dikasih pula gambar-gambar lambang kotapraja itu, misalnya Surabaia yang berlambang ikan sura (yang ternyata bukanlah hiu) dan buaya. Medan yang berlambang tembakau deli. Lalu ditambah info dari buku-buku lain yang sama jadulnya dan mungkin bisa dibaca si cucu bila ia mau rajin-rajin menyambangi perpustakaan. Begitulah, satu buku tuntas ia bahas, ia ganti ke buku berikutnya, tepat seperti judul buku ini: Dari Buku ke Buku.

Kali berikutnya, ceritanya bisa tentang buku lain. Yang sama menawannya, tentu saja sesuai selera si kakek. Maksudku, aku tidak mungkin minta dia menceritakan Harry-Potter-what-so-ever itu kan?! Jadi aku biarkan saja dia cerita buku pertama tentang PKI yang ditulis Petrus Blumberger, De Communistische Beweging in Nederlandsch-Indie atau bila diterjemahkan jadi “Pergerakan Komunis di Hindia Belanda”. Sebagai cucu yang senang sejarah, cuping cucu ini langsung waspada. Lho, kok belum pernah mencicipi karya eyang Blumberger, katanya suka baca buku-buku “kiri” dan buku pergerakan. Ealah, ternyata benar. Boro-boro baca, denger namanya saja ya baru kali ini. Wah, salut sama kakek deh! Kata si kakek, buku ini beken di kalangan mahasiswa sejarah angkatannya. Angkatan berapa, tanyaku? Angkatan 1950. Busyeeeeeeet! Tuwir amaaat, kek. Tapi kakek bilang, kamu bisa saja baca Kahin. Kahin memang lebih mudah dicari dibanding Blumberger.

Lalu kakek mulai cerita buku lain: tentang Perang Jawa. Soal topik ini cucu yang sudah merasa jago, tetap saja ngaku kalah waktu dibilang ada Babad Dipanegara versi Surakarta yang jadi pegangan banyak orang dibanding Babad Dipanegara versi Manado. Babad Dipanegara versi Surakarta ditulis oleh tumenggung, sedang yang versi Manado ditulis sendiri oleh Dipanegara. Itu kata Peter Carey, yang aku yakini saja kebenarannya. Nah, daripada belagu si cucu terus menyimak kisah-kisah si kakek sampai tuntas.

Jadi demikianlah si cucu pendengar dongeng ini akhirnya malah sibuk mencatat-mencatat-dan mencatat tanpa disuruh setiap kali mendengar ada buku ini, ceritanya itu. Sepertinya lebih dari 200 buku, malah curiga jangan-jangan si kakek hapal luar kepala isi koleksi bukunya yang mencapai tiga-ribuan koleksinya itu. Benar begitu kek?

3/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s