Skandal baca bukuku

Skandal
Karya Shusako Endo

Terbit Juli 1990 oleh Gramedia Pustaka Utama | Binding: Paperback | ISBN: 9794038806 | Halaman: 379 | Karakter: Suguro | Setting: Jepang

Indonesian version of Scandal
Penerjemah: Agus Setiadi

ADA suatu masa (kira-kira tahun 1992), ketika karya-karya penulis Jepang aku baca dan kagumi. Misalnya saja Eiji Yoshikawa yang menulis Mushashi dan Taiko. Atau di ranah puisi ada Yasunari Kawabata dengan The Lake. Bahkan buku-buku non-fiksi seperti Religi Tokugawa ikut jadi menu bacaanku. Sampai satu kali, aku bertemu dengan buku Skandal karya Shusako Endo.

Ada beberapa fakta menarik. Misalnya, Shusako Endo adalah penulis fiksi kontemporer yang hebat di negerinya. Ia masuk dalam generasi ketiga jajaran penulis hebat di Jepang.

Sayang ketika membaca novel ini, aku tersesat. Mungkin aku kurang begitu paham pada cerita yang diusung oleh novel ini, tentang pertentangan moral yang dilematis dan kompleks dari penulis/reporter paruh baya Suguro serta pilihan-pilihan yang diambil Suguro dan berujung pada hasil yang tragis. Atau aku belum siap pada waktu itu menghadapi kejujuran yang begitu brutal akan hidup manusia yang selalu menghadapi pertarungan antara yang baik dan buruk. Entah…

Melihat temanku Ronny memberi rating yang bagus pada novel ini, aku pikir ada baiknya bila aku membaca ulang novel ini satu saat nanti. Mungkin kali ini, aku lebih siap dibanding kali pertama membacanya. Semoga.

1/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s