Menjura Pada Osamu Tezuka

Pluto Vol. 1 (Seri Pluto)
Karya Naoki Urasawa

Terbit Juni 2008 oleh M&C Komik | Halaman: 204 | Karakter: Detektif Gesicht, Atom

Alih bahasa: Pradita Satya Ananda
Penyunting: Yoke Yuliana

KOMIKUS Naoki Urasawa kagum pada tokoh Atom Boy ciptaan Osamu Tezuka, sama sepertiku. Bedanya, aku berhenti sebagai pembaca dan kolektor kaos serta action figurenya, tapi Naoki malah menciptakan komik yang tak kalah hebatnya.

Di Volume 1 ini, diceritakan tentang rangkaian pembunuhan keji atas robot Montblanc, North No. 2 dan juga beberapa orang seperti Bernard Ranke dan Brando dengan menyisakan petunjuk sebuah ritus yang mengingatkan pada mitologi Roma tentang dewa kematian bernama Pluto. Detektif Gesicht, yang sebenarnya robot, dari Europol ditugaskan untuk mengungkap kasus ini.

Ada anasir, kemungkinan pembunuhnya adalah robot karena tidak ditemukannya sidik jari pada TKP. Tapi anasir itu lama kelamaan membingungkan karena robot tak mungkin membunuh manusia sesuai pasal 13 Undang-Undang Robot (UUR) dan tidak ada manusia yang punya kemampuan dan daya bunuh seperti yang diceritakan itu. Satu-satunya alat bukti adalah kelebatan seseorang/sesuatu yang melompat dari satu gedung pencakar langit ke gedung lainnya. Tapi manusiakah itu?

Goresan-goresan komik yang dewasa ini, tentu membuat cerita ini menarik untuk dinikmati. Detail lengkap, plus karakter-karakter baik itu robot maupun manusia tampil tanpa beda: sama-sama kompleks. Pendeknya, aku nggak sabar menanti volume berikutnya.

4,5 menuju 5 deh…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s