Prosa Transendental Amerika Pertama dengan tokoh utama perempuan

The Scarlet Letter
Karya Nathaniel Hawthorne

Terbit Agustus 1959 oleh Signet Classics | Binding: Paperback | ISBN: 0451523504 (isbn13: 9780451523501) | Karakter: Hester Prynne, Arthur

The Scarlet Letter (1850) adalah salah satu karya klasik sastra Amerika yang penting, di samping Moby Dick (1851) dan Leaves of Grass (1855). Di bagian depan buku yang saya miliki, terbitan tahun 1960, ditulis bahwa pada umur 45, Nathaniel Hawthorne kehilangan pekerjaannya di Dinas Beacukai Salem. Bertahun-tahun kemudian, ia berkata pada orang yang telah memecat dirinya, “Tuhan memberkati kalian!” Karena dengan memecat dirinya, Hawthorne punya kesempatan untuk melakukan hal yang sangat ia inginkan sejak lama, yakni menulis.

Yang ditulis Hawthorne pun bukan hal sederhana, tetapi ia menulis tentang drama kisah seorang perempuan bernama Hester Prynne yang telah melakukan zinah dengan Arthur. Dasar Hester, dihukum karena ketahuan zinah dan dikasih cap pada bajunya, ia malah menghias emblem zinah itu (“A” untuk Adultery) dan biar kelihatan mencolok. Tapi jangan salah, buku ini bukan sekedar berkisah tentang zinah dan gimana efeknya, atau gimana agama dan masyarakat pada saat itu (1850-an) sangat tega pada orang, novel ini hendak bercerita yang lebih dalam lagi: gimana dosa bisa membuat seseorang terpisah dari kebahagiaan. Awal kemunculan prosa transendental dan juga sekaligus pukulan berat untuk masyarakat yang maskulin. Bagaimana tidak, bagi sastra Amerika dan publiknya, ini merupakan pertama kalinya ada sebuah cerita dengan tokoh utama perempuan.

Buku ini dibeli dengan gaji pertama sebagai buruh di sebuah majalah thn ’96.

5/5

psst ada filmnya dengan judul sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s