Yang Minimalis Yang Relatif

Relativitas: Arsitek di Ruang Angan dan Kenyataan
Karya Adi Purnomo

Terbit Juli 2005 oleh Borneo Publications | Binding: Paperback | ISBN: 9799947219 | Halaman: 292

BUKU ini membuatku berpikir kembali, “Seberapa cukup adalah cukup?” Ungkapan mendasar namun dalam, seolah hendak menyatakan bahwa dunia arsitektur pada dasarnya adalah sebuah pilihan. Adi Purnomo menawarkan sebuah teori dan prinsip yang saat dipegangnya tentang bagaimana berkiprah di luar arus besar dunia arsitektur.

Buku ini bukan untukku. Aku beli untuk istriku untuk mengembalikan dan terus menghidupkan jiwa arsitek pada istriku yang memilih menjadi guru daripada arsitek. Tentu saja setelah aku baca terlebih dulu dengan dalih “mencarikan buku yang berkualitas”. Hehehe.

Buku ini yang kuharapkan jadi ‘jembatan keledai’ agar bisa nyambung ngobrol tentang arsitektur bersama istriku dan teman-temannya, ternyata setelah dibaca-baca sangat menarik karena isinya tidak rumit dan penuh tawaran konsep arsitektur yang sederhana dan esensial. Paling tidak, buku ini menaikkan tingkat obrolanku satu derajat dari yang tadinya minus 18 derajat di bawah nol kalau diajak ngobrol soal arsitektur, tenggelam dalam obrolan kolom dan ruang, dan terpekur merasa bodoh tidak bisa membedakan hebel dan mebel, dan lain sebagainya. Masih bodoh memang sampai hari ini (masih -17 derajat di bawah nol) untuk urusan ini, tapi paling tidak di mata istriku sayang, aku suami yang mau “belajar” sesuatu yang baru.

5/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s