Hargailah Wanita!

Wanita
Karya Paul I. Wellman

Terbit 2005 oleh Gramedia Pustaka Utama | Cetakan lama: 1993 & 1994 (Softcover) | Cetakan pertama: 1975 | Binding: Hardcover | Karakter: Theodora, Yustinianus | ISBN: 9792214003 | Halaman: 528

Indonesian version of The Female
Translator: Alfons Taryadi

BUKU ini dengan segera mencuri perhatian saya! Bukan karena di bulan September ’92, Bunbun & Ginting — 2 sahabat kutu buku saya yang meliar setiap kali pergi bersama ke perpustakaan — tertawa-tawa karena tahu saya belum baca buku ini. Saat itu, Ginting malah sudah khatam 2 kali. Bukan karena itu… tetapi karena buku ini yang pada waktu itu terdiri dari 2 jilid (lihat cover ke-2 & ke-3), memang bagus, baik dalam karakterisasi maupun plotnya. Dua malam lalu, kakak saya tercinta membawa buku ini yang kini diterbitkan jadi satu buku dan bersampul keras jadi saya bisa bernostalgia lagi dengan buku ini.

Ceritanya masih saya ingat betul: Jumpailah Theodora, perempuan yang teramat cantik dan piawai dalam urusan menghibur laki-laki dan menggelar pesta yang tak dapat dilupakan orang. Perempuan yang berasal dari sarkemnya Konstantinopel ini atau Jalan Hawa ini, dari lapis terendah dalam masyarakat, dari industri yang begitu tua ada dalam peradaban manusia yakni pelacuran, tetapi justru dari titik terendah itu, ia mampu mengangkat derajatnya (dengan segala trik dan politik tingkat tinggi) sampai menjadi ratu dan bahkan berada di balik sukses Yustinianus seorang pangeran Byzantium. Orang boleh bilang sukses seorang laki-laki karena ada perempuan kuat di belakangnya, kalau membaca kisah Theodora ini. Apalagi yang dihadapinya adalah masyarakat yang male-chauvinist, yang menempatkan pria di atas segala-galanya. Namun, sukses Theodora ini harus dibayar mahal karena pada akhirnya Yustinianus dikenang sebagai “Yang Agung”, sedang Theodora dikenang sebagai “Yang terkenal dengan nama yang buruk”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s