Guru Botak, Epigraf, dan Cinta Sejarah

Inskripsi Islam Tertua di Indonesia
karya Claude Guillot, Ludvik Kalus

Terbit: 2008 oleh Kepustakaan Populer Gramedia, Ecole francaise d’Extreme-Orient, Forum Jakarta-Paris | Binding: Softcover | ISBN: 9799101034 (isbn13: 9789799101037) | Halaman: 181 | Penerjemah: Laddy Lesmana, Rita Parasmanan, Soegeng Saleh, dkk.

MENEMUKAN buku ini, seperti mengenang kembali guru sejarah yang disebut E.S. Ito dalam Rahasia Meede sebagai Guru Uban. Guru sejarahku tidak cocok disebut Guru Uban, tetapi Guru Botak, ya karena memang kepalanya botak plontos. Tetapi dia guru sejarah yang luar biasa…

Pada periode ketika pembahasan sejarah masuknya Islam, Guru Botak tiba-tiba bicara bahwa dunia sejarah Indonesia sedang goncang karena makam Leran ternyata hanyalah sebuah jangkar kapal. Dengan mata-mata takjub, kami sekelas memandang Guru Botak. Guru Botak melanjutkan penjelasannya bahwa makam Leran selama ini dipandang penting karena merupakan prasasti tertua yang memuat huruf Arab dan ayat-ayat Al-Quran di Indonesia. Makam Leran merupakan penanggal waktu masuknya Islam di Indonesia. Nah, bila ia ternyata hanya sebuah jangkar kapal, lalu kapankah tepatnya Islam masuk ke Indonesia. Kami semua termangu, darimana guru sejarah yang satu ini tahu semua hal itu, sementara semua buku yang kami baca tidak menyatakan demikian.

Sampai akhirnya 15 tahun kemudian, aku menemukan buku ini lagi di bulan Maret 2008 terbitan KPG. Secara menakjubkan, kedua peneliti ini mengulas keberadaan inskripsi yang ada di Indonesia. Epigrafi (ἐπιγραφολογία, dari bahasa Yunani ἐπιγραφή — “inskripsi”) merupakan studi inskripsi atau epigraf yang dipahat pada batu atau material lainnya, atau pada lempeng besi, suatu ilmu yang mengklasifikasikan seperti pada konteks kultural dan waktu, memahaminya dan kemudian menarik kesimpulan dari temuannya. Temuan mereka sama persis dengan apa yang diucapkan Guru Botak. Wah!

Tapi itu cuma salah satu yang menarik di buku ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s